Penyakit Hepatitis A Menular

Penyakit Hepatitis A Menular – Hepatitis A adalah penyakit yang sangat menular dan virusnya ditemukan dalam tinja yang terinfeksi oleh hepatitis A. Orang yang seperti itu mengeluarkan virus dalam tinja  mereka sekitar dia minggu sebelum dan sekitar lima sampai tujuh hari setelah munculnya gejala.

Penyakit Hepatitis A Menular

Penyakit Hepatitis A Menular

Penyakit Hepatitis A Menular

Virus hepatitis biasanya menyebar melalui :

  1. Kontak Langsung
    Misalnya anda dapat terkena virus hepatitis A dari seorang anak yang terinfeksi jika anda tidak mencuci tangan setelah membersihkan anak yang baru saja buang air besar.
  2. Makanan dan Minuman Yang Terkontaminasi
    Anda dapat terkena hepatitis A setelah meminum air yang terkontaminasi atau mengonsumsi makanan yang dicuci dengan air yang terkontaminasi, seperti sayuran mentah dan moluska (misalnya kerang, siput, dan berbagainya). Hepatitis A juga menyebar cepat melalui tukang masak yang terinfeksi virus dan tidak mencuci tangan mereka setelah buang air besar atau sebelum memasak makanan. Sanitasi yang buruk, ruang yang oenuh sesak dan kebersihan pribadi yang buruk meningkatkan resiko penyebaran infeksi hepatitis A.

Hepatitis A biasanya disebut penyakit perjalanan (travel disease) karena sering terjadi diantara orang bepergian, terutama mereka yang bepergian dari area dimana hepatitis A tidak terlalu sering terjadi. Kendati infeksi nisa menyebar di wilayah manapun, termasuk hotel atau kota yang paling modern, resiko paling tinggi ada pada orang yang tinggal di, atau mengunjungi daerah pedesaan, menjelajahi wilayah terpencil, atau sering makan dan minum di wilayah bersanitasi buruk.

Penularan Penyakit Hepatitis A

Penyakit hepatitis A menular lewat orang yang sudah mengalami infeksi. Orang tersebut biasanya akan menularkannya pada orang lain dimulai dari 2 minggu sebelum menimbulkan suatu gejala sampai kurang lebih seminggu setelah penyakit kuning muncul. Hal ini terjadi paling tidak kira-kira 3 minggu secara menyeluruh. Selain itu, jumlah virus yang besar bisa ditemukan di dalam tinja orang yang mengalami infeksi selama proses penularan sedang terjadi. Virus ini biasanya hidup di lingkungan selama kurang lebih beberapa minggu dengan keadaan yang benar misalnya adalah dalam saliran. Penyakit hepatitis A menular biasanya disaat virus dari orang yang menderita penyakit hepatitis masuk tertelan oleh orang lewat :

  1. Makanan yang sudah terkontaminasi
  2. Miinuman yang sudah terkontaminasi
  3. Menyentuh lampin, seprai, dan juga handuk yang sudah tercemar oleh tinja orang yang menderita penyakit hepatitis.
  4. Hubungan seksual dengan orang yang menderita penyakit hepatitis A.

Penularan penyakit hepatitis A dimulai dari :

  1. Penularan dari orang yang menderita ke orang lainnya dan termasuk salah satunya adalah pelaku homoseksual.
  2. Air minum yang sudah terkontaminasi dengan saliran.
  3. Jenis makanan yang sudah dicemari dengan saliran misalnya adalah kerang-kerangan.
  4. Makanan yang sudah terkontaminasi misalnya adalah oleh pekerja makanan yang bisa menularkan penyakit.

Infeksi penyakit hati hepatitis A yang tetap bisa menjadi suatu masalah untuk orang yang sedang melakukan perjalanan ke luar negeri. Apalagi untuk mereka yang sedang melakukan kunjungan dimana penyakit hepatitis A sangat tinggi terjadi.

Mencegah Penyakit Hepatitis A

Mencegah penyakit hepatitis A menular dilakukan salah satunya adalah dengan menggunakan vaksinasi. Penggunaan vaksinasi yang aman serta efektif pada penyakit hepatitis A. Vaksin ini biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 2 minggu baru akan bekerja melindungi tubuh.

Vaksinasi diberikan untuk mereka yang mempunyai resiko tinggi menderita penyakit hati hepatitis A, seperti :

  1. Orang yang melakukan kunjungan ke negara yang jumlah penderita penyakit hepatitis A tinggi. Terutama adalah di negara berkembang
  2. Orang yang melakukan kunjungan ke marsyarakat pedalaman di luar kota dan juga didaerah yang terpecil
  3. Pelaku homoseksual
  4. Para petugas penitipan anak disiang haru dan juga masa prasekolah.
  5. Penyandang cacat intelektual dan juga penjaganya.
  6. Petugas kesehatan yang bekerja dengan masyarakat pedalaman.
  7. Petugas saliran
  8. Tukang air leding
  9. Penggunaan narkoba jenis suntik
  10. Mereka yang menderita penyakit hati kronis
  11. Penderita penyakit hemofilia yang kemungknan menerima cairan jenis konsentrat plasma yang terkumpul.

Selain dengan melakukan vaksinasi, cara mencegah penularan dan infeksi ke orang lain adalah dengan melakukan cara dibawah ini :

  1. Sebaiknya jangan memakan makanan dan juga minuman bekas dari orang lain.
  2. Jangan menggunakan peralatan makan bersamaan dengan orang lain.
  3. Jangan menggunakan alat pribadi misalnya handuk dan juga seprai dengan orang lain.
  4. Jangan melakukan hubungan seksual dengan orang yang sudah terinfeksi penyakit ini.
  5. Sebaiknya mencuci alat makanan dengan air yang bersabun, cucilah handuk dan seprai dengan teratur menggunakan mesin cuci.

Dalam melakukan perawatan penyakit hepatitis A, tidak ada perawatan yang sangat spesifik untuk penyakit hepatitis A menular. Biasanya kontak yang terjadi dirumah dan juga pada pasangan seksual adalah resiko yang paling besar dalam menularkan jenis penyakit hati hepatitis A dan biasanya mereka membutuhkan perawatan suntikan imunoglobulin. Infeksi yang terjadi ini akan dicegah atau bisa dikurangi resikonya jika diberikan dalam waktu selama 2 minggu setelah melakukan kontak dengan orang yang menularkan penyakit.

Diagnosa yang ditegakkan adalah dengan berdasarkan gejala hepatitis pada pasien dan juga hal ini dikonfirmasikan dengan uji tes darah yang dilakukan untuk menunjukkan suatu antibodi IgM pada penyakit hepatitis A.

Penyakit Hepatitis A Menular


=====================================

>>> Obat Maxgiver Untuk Membantu Mengobati dan Menyembuhkan Hepatitis A, Hepatitis B, Hepatitis C dan Pencegahan Hepatitis dan juga Menyehatkan Fungsi Hati, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Hepatitis A and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>