Penyakit Hepatitis A Penyebab

Penyakit Hepatitis A Penyebab – Seseorang menjadi panik karena penyakit hepatitis A biasanya karena tidak mengetahui karakteristik dan perjalanan penyakit hepatitis A. Apabila seorang pendertita hepatitis A atau keluarga terdekat mengenal tipikal penyakit ini maka kecemasan dan kepanikan tidak perlu terjadi. Pada dasarnya penyakit hepatitis A ini bersidat self limited disease (dapat sembuh dengan sendirinya).

Penyakit Hepatitis A Penyebab

Penyakit Hepatitis A Penyebab

PEMERIKSAAN HEPATITIS A

Pemeriksaan serologi merupakan suatu cara untuk mengetahui bagaimna tanggapan tubuh terhadap kuman (virus atau bakteri) yang masuk ke dalam tubuh. Begitu virus masuk dalam tubuh seseorang maka sistem kekebalan tubuh akan memberikan tanggapan. Tanggapan tersebut berupa meningkatnya kadar antibodi tubuh. Antibodi tubuh yang dibentuk sebagai tanggapan terhadap virus hepatitis A adalah IgM anti HAV (hepatitis A virus) dan IgG anti HAV.

Pola penularan virus hepatitis A terjadi melalui fekal-mulut (fekal-oral). Artinya, keberadaan virus tersebut mula-mula di dalam tinja seseorang yang menderita hepatitis A. Kemudian, bisa jadi virus tersebut mengontaminasi makanan, minuman atau peralatan makan yang digunakan orang lain. Seseorang lain itu akan menajdi sakit apabila mengonsumsi atau menggunakan makanan, minuman atau peralatan makan yang telah terkontaminasi virus hepatitis A. Virus hepatitis A akan masuk melalui mulut dan berkembang biak di dalam organ hati (liver).

Penyakit hepatitis A memiliki nama lainnya adalah Infectious Hepatitis, Epidemic Hepatitis, eEpidemic jaundice, Catarrhal jaundice, Type A Hepatitis, secara laboratorium diistilahkan sebagai HAV. Perjalanan penyakit hepatitis A adalah sebagai berikut

  • Biasanya terjadi tiba-tiba suhu badan menjadi panas
  • Nafsu makan yang menurun
  • Rasa mual-mual, rasa tidak enak di dalam perut
  • Malas-malasan dan lemah
  • Kemudian dalam beberapa hari selaput putih mata, telapak tangan dan kulit seperti kekuning-kuningan (jaundice).

Di beberapa negara berkembang Penyakit Hepatitis A Penyebab dimana sanitasi belum memuaskan dalam arti sistem sanitasi masih terbilang belum memenuhi standar kebersihan. Karena salah satu penyebaran dan penularan virus hepatitis A ini melalui tinja atau feses manusia akibat sistem sanitasi yang kurang baik sehingga infeksi virus hepatitis banyak dan mudah terjadi.

Penyakit hepatitis A ini banyak menyerang anak-anak dengan gejala yang tidak jelas dan kalaupun adanya gejala umumnya bersifat ringan dan sembuh sendiri dalam 1-2 minggu. Pada keadaan ini diagnosa ditegakkan dari pemeriksaan serologi untuk memperlihatkan adanya azat antivirus hepatitis A ( IgM HA) di dalam darah si anak. Hilangnya gejala-gejala klinik tersebut di atas kadang-kadang baru hilang setelah beberapa bulan.

Sekitar 15% penderita penyakit hepatitis A bisa kambuh lagi dalam jangka waktu setahun. Berat ringannya Penyakit Hepatitis A Penyebab tergantung dari usia seseorang. Makin tua umur, makin berat gejala yang dikeluhkan. Namun demikian secara keseluruhan angka kematian karena hepatitis A hanya 0,1-0,3%, tetapi ada manula bisa lebih tinggi sampai 1,8%. Kematian biasanya karena jenis hepatitis adalah yang fulminant hepatitis A.

Penyakit hepatitis A dan penyebab adalah :

  1. Orang yang biasanya melakukan kunjungan dari negara dimana penyakit hepatitis A menyerang dan terjadi misalnya adalah di negara berkembang.
  2. Orang yang melakukan kunjungan pada masyarakat pribumi yang di luar kota dan juga daerah yang terpencil.
  3. Pria yang melakukan hubungan seksual dengan sesama jenis.
  4. Petugas penitipan anak di siang haru dan juga masa prasekolah
  5. Beberapa petugas kesehatan yang melakukan pelayanan di sekolah.
  6. Penggunaan narkoba yang disuntikkan.
  7. Pasien dengan penyakit hati yang kronis.

Selain itu, penyakit hepatitis A penyebab diakibatkan karena serangan virus yang ditularkan dari kotoran dan juga benda-benda yang digunakan oleh orang lain yang terlebih dahulu sudah mengidap penyakit hepatitis A. Virus ini biasanya akan menempel di peralatan makan jika tidak dicuci dengan baik. Dan hal ini harus diwaspadai dengan baik jika Anda merupakan salah satu orang yang sering makan di pinggir jalan yang kurang terjaga kebersihannya.

PENYEBAB HEPATITIS A

Selain itu, penyebab dari penyakit hepatitis a adalah karena memasak air tidak dengan cara yang benar yang akan menyebabkan munculnya penyakit hepatitis a. Dan selain itu juga penyakit hati hepatitis A bisa diakibatkan karena faktor makanan yang merupkan salah satu penyebab dari hal ini bisa terjadi.

 CARA MENYEMBUHKAN HEPATITIS A

Cara menyembuhkan penyakit hepatitis A bisa dilakukan dengan 2 cara. Cara medis dan juga mengatur pola makan yang sehat serta terkontrol dengan baik. Untuk pengidap penyakit hepatitis A biasanya dianjurkan untuk dirawat dirumah sakit dan dalam menyembuhkan penyakit ini yang paling utama adalah dibagian fungsi hati yaang bisa dipulihkan dan juga dibersihkan dari serangan virus hepatitis A. Agar Anda tidak mengalami penyakit ini lagi, maka perlu diberikan vaksin virus hepatitis A dan paling minimal penyuntikkan dari vaksin hepatitis A ini dilakukan paling tidak adalah setahun 2 kali dan sebaiknya Anda memperhatikan pola hidup sehat yang alami serta menghindari jenis minuman alkohol dan minuman seperti kopi yang mengandung kafein.

Pengaturan dari pola makan yang harus diatur dengan baik. Dan selama proses penyembuhan sedang berlangsung biasanya hal ini akan membutuhkan waktu sekitar 3 bulan dan paling lama adalah 6 bulan. Pasien wajib untuk berpantangan pada beberap jenis makanan tertentu yang mengandung kandungan gas serta kandungan kolesterol tinggi di dalamnya.

Penyakit Hepatitis A Penyebab


=====================================

>>> Obat Hepatitis Untuk Membantu Mengobati dan Menyembuhkan Hepatitis A, Hepatitis B, Hepatitis C dan Pencegahan Hepatitis dan juga Menyehatkan Fungsi Hati, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Hepatitis A and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *