Virus Hepatitis A

Virus Hepatitis APenyakit hepatitis A merupakan salah satu jenis penyakit hepatitis dalam kategori penyakit hepatitis yang cukup ringan dan dapat disembuhkan dan jarang sekali menyebabkan kematian. Penyakit hepatitis A yang disebabkan oleh virus hepatitis A (VHA) yang penyebarannya dapat melalui feses berasal dari makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh kuman atau virus.

Virus Hepatitis A

Virus Hepatitis A

Penyakit Hepatitis A

Penderita hepatitis A umumnya terinfeksi dari orang terdekat atau konsumsi makanan atau minuman yang sering mengandung virus hepatitis A. Biasanya yang paling sering adalah buah-buahan dan sayuran yang masih mentah sehingga mudah terkontaminasi virus penyakit hepatitis A. Keadaan lingkungan sekitar yang kurang bersih juga memberi pengaruh yang cukup besar terhadap penyebaran virus hepatitis A.

Konsentrasi virus dalam kotoran penderita masih tetap tinggi 2 – 3 minggu setelah gejala penyakit muncul. Sedangkan air ludah dan cairan tubuh penderita mempunyai konsentrasi rendah. Virus hepatitis A /VHA bertahan hidup 3 – 4 jam dalam ruang suhu normal. Di sini peralatan makan atau makanan yang tercemar VHA dengan sendirinya akan mudah menularkan penyakit ini. Tapi tidak menutup kemungkinan, penyakit Hepatitis A bisa juga menular melalui kontak langsung, melalui hubungan seksual.

Penyakit hepatitis merupakan salah satu peradangan yang terjadi di hati akibat dari berbagai penyebab. Penyakit hepatitis yang biasanya terjadi kurang dari 6 bulan biasanya disebut dengan penyakit hepatitis akut, hepatitis yang berlangsung lebih dari 6 bulan biasanya disebut dengan penyakit hepatitis kronis. Sedangkan penyakit hepatitis A merupakan hepatitis yang bergenus Heparnavirus yang biasanya menyerang anak-anak dan juga kaum dewasa muda.

Penyakit hepatitis a dikenal dengan istilah penyakit kuning. Cara penularan dari penyakit ini berbeda dengan jenis penyakit hepatitis B dan penyakit hepatitis C. Penularan yang terjadi bisa saja lewat makanan dan minuan yang sudah terkontaminasi dengan virus tersebut. Sifatnya stabil, sel hati yang menyembunyikan virus di dalam empedu untuk setelah itu menyebabkan virus menjadi masuk ke dalam saluran pencernaan. Akibat penyebab tersebut, tinja dari penderita penyakit hepatitis akan memiliki konsentrasi yang tinggi selama periode infeksi terjadi.

Ciri-ciri Penyakit Hepatitis A

Ciri-ciri yang khas dari virus hepatitis A adalah HAV merupakan salah satu virus penyakit A merupakan salah satu anggota famili pikorviradae, HAV adalah partikel yang bentuknya bulat dengan ukuran 27-32-mm dan juga mempunyai simetri kubik, namun tidak mempunyai selubung serta tahan akan panas dan juga asam. Partikel ini biasanya mempunyai genom RNA yang beruntai tunggal dan juga linearnya dengan ukuran 7,8 sehingga sudah cukup jelas bahwa virus penyakit hepatitis A menjadi genus dari pikornavirus yang baru, Heparnavirus. Penyakit hepatitis A mempunyai suatu pravalensi yang sangat tinggi.

Gejala hepatitis A adalah disaat terekspos sampai terkena penyakit kira-kira adalah 2-6 minggu. Gejala dari penyakit hepatitis yang biasanya muncul sifatnya adalah akut, misalnya adalah :

  1. Gejala sakit flu
  2. Mual dan muntah
  3. Demam tinggi
  4. Sakit kepala terus menerus
  5. Air seni yang berwarna agak pekat
  6. Warna kuning pada mata
  7. Kulit jadi berwarna agak kekuningan
  8. Perut agian kanan akan terasa sakit dan agak bebal.

Namun pada anak biasanya gejala penyakit hepatitis A yang terjadi tidak terlalu mencolok misalnya adalah :

  1. Demam yang terjadi dengan tiba-tiba
  2. Hilangnya nafsu makan.

Penyakit hepatitis akan menimbulkan beberapa komplikasi lainnya misalnya aseperti :

  1. Leptospirosis
  2. Sifilis
  3. Tuberkulosis
  4. Toksoplasmosis
  5. Amebiasis

Semuanya ini merupakan suatu bentuk kepekaan pada obat yang khusus. Dan penyebab noninfeksiosa meliputi suatu penyumbatan pada empedu, sirosis empedu primer, akibat keracunan obat dan juga suatu rekasi dari hipersensitivitas obat.

Jika gejala penyakit hepatitis A sudah mulai menunjukkan suatu gejala mata kuning dan kulit yang berwarna kuning. Gejala yang terjadi biasanya adalah selama 2-6 minggu. Obat yang paling manjur untuk membantu mengatasi hal ini adalah istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan yang mengandung gizi baik dan juga tidak lupa untuk melakukan pengobatan dari dokter yang harus diikuti dengan teratur.

Anda lebih baik melakukan pencegahan dibandingkan dengan melakukan pengobatan. Hal ini juga berlaku pada penyakit hepatitis A, dan lebih baik jika kita mencegah penyakit hepatitis bukan? Mulailah dengan dari hal yang kecil yakni dengan membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum makan dan juga dengan menggunakan sabun saat mencuci tangan. hal ini juga berlaku disaat Anda sedang mencuci sayuran dan buah-buahan yang hendak kita makan. Tujuannya adalah agar kuman yang ada di dalam buah dan sayuran tersebut tidak akan masuk ke dalam tubuh.

Jika salah satu anggota keluarga Anda menderita penyak hepatitis A maka Anda harus menghindari penggunaan dari peralatan makanan dan minum agar tidak digunakan secara bersamaan. Hal ini dikarenakan virus hepatitis itu akan sangat mudah sekali untuk bisa menular kepada orang lain. Sebaiknya jangan lupa makan, mengonsumsi jenis makanan yang bergizi misalnya seperti minum air putih, melakukan olahraga secara teratur dan juga mendapatkan vaksinasi penyakit hepatitis. Untuk melakukan vaksinasi maka Anda bisa melakukan konsultasi ke dokter Anda.

 Virus Hepatitis A


=====================================

>>> Obat Hepatitis Untuk Membantu Mengobati dan Menyembuhkan Hepatitis A, Hepatitis B, Hepatitis C dan Pencegahan Hepatitis dan juga Menyehatkan Fungsi Hati, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Hepatitis A and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *